Jumat, 22 November 2013

Gede 2985mdpl

Puncak pertama kali gua engga jauh beda sama orang sekitaran Jabodetabek lainnya yaitu Gunung Gede. Gua udah lupa bulan berapa tapi waktu itu pas SMA Tahun 2007, berawal dari maen ke air terjun Cibeureum Cibodas dan ngeliat jalur pendakian ke puncak gunung Gede akhirnya gua sama temen temen sma beranikan diri kesana dengan kondisi belum pernah ada yang pernah kesana sebelumnya, hanya mengandalkan pengetahuan pendidikan Pecinta Alam dari kampus sepertinya udah cukup bekal untuk kesana.

Kita semua 6 pria pria jantan dan 2 wanita mulai keberangkatan start dari Cidahu, pukul 5 pagi semua bangun dari warung Mang Idi yang jadi tempat istirahatnya para pendaki, tapi sekarang katanya malah sering di datengin sama anak anak motor yg touring.

Seperti biasa gua tidak suka memulai pendakian di saat terang matahari, jadi kita jam 6 kurang sudah di pos basecamp 1 lalu melakukan proses pendaftaran dan berang berang makan naik pangkat Brangkattttt! (istilah yg sering di ucapin waktu masih di YAFAPALA (Yadika 4 Pecinta Alam).

Jalur awal memang tidak berat karena masih jalan pariwisata ke Curug Cileumbeur sampai ke Telaga Warna masih aman dan fresh, lanjut melewati jalan kayu yang biasa jadi objek foto hehe, sampai kita istirahat di persimpangan ke Puncak atau ke Curug.

Dari situ hanya memakan waktu sedikit sekitar 1 jam. baru lanjut memasuki jalur pendakian sebenarnya yang mulai sempit dan pohon pohon yang rapat juga tanjakan yang lebih menantang dari sbelumnya. Kita sampai di air panas dan memulai sarapan pagi dengan Mie Instan di pos yg tidak jauh dari situ. Dari pancuran air panas itu mulai telihat Gunung Salak didepannya.

Kita melanjutkan perjalanan menuju target kita Pos Kandang badak untuk Istirahat lagi sebelum mencapai Puncak.
Setelah melewati Pos Kandang Batu dari Air panas tadi lalu sampai di lah pos Kandang Badak kita istirahat cukup lama dan makan besar disitu. Gua udah lupa jam berapa melanjutkan dari Kandang Badak tapi waktu itu sudah Siang sekali. Karena Info yg kami dapat dari para senior di sekolah sebaiknya kami istirahat di kandang badak sebelum lanjut Kepuncak. ditambah salah satu temen kita yang cewe kehabisan tenaga dan kayanya mulai sakit, tapi untung pacarnya baik hati dan cepat tanggap langsung di kasih pil dewa biar cepet sembuh.

Perjalanan lanjut dari Kandang Badak dan mulai memasuki pepohonan yang pendek juga jalur yang lumayan menguras tenaga, disini banyak sekali jalurnya sehingga temen temen gua selalu nanya mana ya harus dilewati padahal gua sendiri kan belon pernah kesini, cuman gua selalu jawab "bebas, yang mana aja" karena pasti itu akan ketemu di jalur yang sama pula, ya bukan berarti bebas terus malah melenceng jauh bgt hahaha.

Sampailah kita di jembatan yang namanya Jembatan Setan, ternyata bener bener ekstrim jalurnya, dan sudah di buat alat untuk berpegang agar tidak terpelosok jatuh. Sebenarnya ada dua jalur yaitu lewatin jembatan setan dan jalur yang melipir lewat kiri tapi panjang, tapi karena gua keren makanya gua lewat jembatan setan ajah sekalian nyobain gitu ceritanya.

Setelah Jembatan Setan kita mulai terpisah dengan sendirinya menjadi dua bagian, kalo engga salah inget pertama ada 3 orang di depan termasuk gua, nah yang di belakang ada 1 jomblo dan dua pasang kekasih yang hubungannya sampai sekarang alhamdullilah ga nyangka banget Kandas! juga.

Sampai gua bosen sama pohon yang sudah mulai pendek pendek katanya kalo udah pendek pendek sedikit lagi sampe puncak, tapi gua bosen karena pohonnya ga abis abis sampe gua ketiduran di bawah pohon yang cukup rindang.

Kebetulan semua logistik ada di tas gua termasuk cemilan juga, gua mau makan tapi nanti ga kebersamaan namanya. Buat jaga jaga supaya temen gua ga tau kalo gua makanin cemilanya gua sengaja panggil nama temen gua yang di bawah,
dan dia pasti nyautin dari situ gua bisa perhitungkan jarak dia dengan gua, ya kalo suaranya kaya masih jauh gua makan, lalu panggil lagi kalo suara jawabannya udah keras berarti udah deket dan gua buru buru rapihin sampah cemilannya. Tapi pas nyampe atas ketahuan temen gua nemu sisah makanan dan pas mau makan di atas ada makanan yang ga lengkap hahaha maafkan aku mans temans aku lapar.

Sekitar jam setengah 5 sore kita sampai dipuncak dan itu pertama kali melihat kumpulan awan ada diseberang wow banget waktu itu sih. disamping seneng seneng dari puncak, cewe yang tadi sakit kedinginan sampai nangis nangis lucunya cowonya panik dan gela sampe rela ga pake jaket jaketnya di kasih buat cewenya, posisinya tuh cewe emang kaya mau ke mall dandanannya emang dari awal juga dah jadi bahan cengan mulu hehe.

kita belum bikin Tenda akhirnya kita taro tuh cewe ke satu satu tenda tetangga yang udah camp duluan dialun alun puncaknya. nih cewe tambah nangis nangis disuru makan kaga mao suru minum kaga maunya tidur doang, alhasil yaudeh kita relakan jaket jaket kita semua yang cowo cowo untuk nutupin dia sakin tebelnya tuh dia kaya tumpukan baju loak.

Tapi semua berjalan dengan baik tidak ada yang bermasalah lagi sampai pagi kita tidur nyenyak dan kelewatan sunrise!

Sekian Dan Terima Kasih!

(waktu itu fotonya masih pake kamera film jadi fotonya nyusul deh nunggu scan dulu)