Senin, 18 November 2013

Salak 2210mdpl

Gunung pertama yg gua datengin ya Salak, sejak 2006 kelas 1 Sma kalo ada libur dikit pasti jalannya ke sini, entah sekedar camping dibawah atau ke Kawah Ratu tapi ga pernah bisa sampe puncak. Biarpun gua sampe tau jalur jalur lain disana dan jalur bebas bayar uang Simaksi tetep entah kenapa selalu mentok di Kawah karena banyak sebab.

Dan Akhirnya saudara saudaraaa … 7 tahun kemudian gua sama dua temen Kampus berangkat kesana, dari rumah gua udah niatin untuk sampe puncak Salak 1, biar kata orang tuh gunung angker, medannya ga manusiawi, masih banyak binatangnya dll, pokoknya gua harus selesaikan sampe Puncaknya.

Juli 2013, Hari pertama tengah malam Kita bertiga masuk lewat jalur Cidahu atau Bumi Cangkuang. Setelah bayar Simaksi lanjut ke pos3 dan masang Tenda untuk istirahat, tapi gagal istirahat karena malah ngobrol dan foto foto di tenda lantaran ga bisa tidur sampe pagi. Sekitar jam 6 setelah kita berberes dan packing langsung lanjut masuk kawasan pendakian sebelum banyak anak pramuka yg mau ke kawah naik bareng, kan malu kalo barengan.

Hari kedua setelah jalan sekitar 2 jam kita sampe di Simpang Cepak atau sekarang lebih di kenal Simpang Bajuri karena dulu disitu ada warung yang punya namanya Bajuri. Di situ kita makan wey…. Karena dari pagi kita kaga sarapan. gua selaku eksekutor langsung masak Mie Instan, lumayan bakal ngisi energy sebelon sampe puncak.

Lanjut abis makan kita mulai memasuki kawasan jalur puncak yang katanya jarang orang bisa muncakin dan jalurnya luar biasa ekstrim, menit menit pertama kita bertemu lumpur lumpur cinta, dan setelah satu jam kita mulai dijamu dengan akar akar dan pohon tumbang yang menutupi jalan dan lebih lagi tanjakan tanjakan yang menguras tenaga.

Sampe sekitar 3 jam kemudian kita di sambut dengan gerimis gerimis kecil tapi kita masih lanjut, sampai akhirnya hujan seriusan mulai turun dan kita kehujanan lantaran ga sempet dapet lahan yg lapang untuk dirikan tenda. Badan capek, kedinginan, basah dan ngantuk bikin kita berenti di tengah pendakian sore itu, sampe kita hampir tidur pulas hanya dengan ditutupi ponco dan jaket.

Sekitar satu jam sia sia akhirnya gua bangun inisiatif naik sendiri keatas buat cari tanah lapang supaya kita bisa bikin tenda dan istirahat disitu. Ga terlalu jauh dari situ guan emu lokasi yg bagus untuk camp dan gua turun lagi buat jemput dua temen gua kebawah kondisi masih hujan deras. Dan kita naik segera gelar tenda dan istirahat menghangatkan badan bikin makanan dan minuman tapi ga cukup bikin kita nyaman karena dinginnya engga ketulungan.

Malamnya masih hujan sampai sekitar jam 10 hujan baru berhenti, tapi masih dingin karena pakaian kami basah semua. Akhirnya gua bikin api pake kompor gas tanpa masak apapun di dalem tenda Cuma untuk hangatkan badan kita dan tenda. Ga terasa dua kaleng gas habis untuk penghangatan doing tanpa masak.
Pagi pagi hari ke tiga kita bangun sekitar jam 9 pagi, sampai saat itu ga ada yg lewat untuk melakukan pendakian padahal gua mau minta air, karena persediaan air habis dan semalem engga kepikiran buat bikin penampungan air, Cuma inget naro botol doing dan berharap bisa keisi air tapi cuma dapet dikit, yah malang bangat.

Akhirnya gua berniat lanjutin ke puncak, tetapi temen temen gua ga mau, mereka sepertinya terlanjur kecewa sama kondisi gunung yang ekstrim. Tapi gua sendiri yakin ini jalur yang bener karena jelas jelas ada jalur dan ada bekas camp area dang a asing lah pokoknya.

Awalnya gua ga enak sama yang lain untuk lanjut sendiri, tapi yaudeh bodo ah gua lanjut aja sendiri juga gapapa, karena gua pikir ini tanggung banget udah sampe segininya ga selesaiin sampe Puncak, kapan lagi mau kesini sedangkan nyari orang yg mau muncakin Salak aja jarang. yaudeh gua berangkat tanpa air minum tanpa bawa tas dan Cuma bawa kamera temen gua untuk foto puncaknya, sedangkan yang lain nunggu di tempat itu sampai gua turun.

Ternyata didepan jalurnya emang bahaya, gua nemuin 3 tanjakan vertical yang bener bener membutuhkan konsentrasi karena kalo jatuh bisa ke jurang, ditambah hawa yang udah ga enak dan nafas gua yang sempet tersendat sendat padahal masih ketinggian 2000an, lebih lagi gua haus dan sakin ga kuat nahan haus gua seruput air becekan hasil hujan semalem di jalur itu, gpp lah gua pikir mendingan sakit perut dari pada mati kehausan hahaha.

Setelah satu jam akhirnya gua sampai di puncak yang bener bener putih ketutupan kabut yang tebal, perasaan seneng dan bangga sama disi sendiri, akhirnya puncak yang Cuma dipikirin doing sekarang gua sampe juga yeah!. Gua juga ketemu kuburan yang sering jadi pembicaraan orang orang yg sudah pernah kesini.

Nah kabar baiknya disini lagi ada kegiatan pengangkatan bangkai pesawat Sukhoi yang jatuh Mei 2012 di puncak Salak. Yaudeh gua pikir ini moment bagus untuk difoto tapi sayangnya gua di husir sama mereka bilang ga boleh lama lama di puncak karena lagi ada kegiatan itu. Terus gua mau foto di depan tanda petunjuk puncaknya tapi siapa yang mau fotoin nih?! Yaudeh ga papah dah yang menting sampe puncak.

Sebelum gua turun gua minta 3 botol air untuk persediaan dari air orang orang yg di atas itu, untung mereka baik dan di kasih sama botol botolnya. Yaudeh gua turun lumayan cepet sambil teriakin nama temen gua bermaksud untuk mereka menyusul ke puncak, tapi engga ada jawaban sampe gua balik ke tenda lagi dan gua share air ke mereka.

Pelajaran dalam istilah pendakian gua dapet pertama kali disini sampai pendakian kali ini gua masih nemuin banyak pelajaran untuk bisa lebih baik lagi kedepan. Gunung salak emang bukan termasuk dalam nama gunung tinggi tapi faktanya ga banyak orang yang berhasil sampai puncaknya, apalagi hari hari ini ga jarang gua denger orang sudah ke Semeru sebagai pendakian perdana tapi mereka ga pernah ke Salak.

Gua engga kapok ke Salak, malah berniat buat menyelesaikan dari Salak dua lanjut Salak satu lagi yeah!!!