Rabu, 13 November 2013

Merbabu 3142mdpl

Seharusnya seminggu lebih awal berangkat ke Merbabu, tapi ga tau kenapa perasaan gua ga tenang untuk berangkat waktu itu padahal tas udah siap tinggal jalan aja Cuma karena perasaan kaya ga enak yaudeh di tundah dulu aja lah. Akhirnya minggu depannya lanjutin niat yang sempet ketundah untuk Merbabu, jadi ga perlu packing lagi karena tas yg kemaren juga ga di bongkar sama sekali, ditambah faktor dana juga lebih mendukung makanya lebih tenang untuk berangkatnya.

Berangkat Kamis malam 17 Oktober 2013 dari Stasiun Pasar Senen barengan sama gerombolan yang lain semua ada 13 orang regional Jabodetabek, sampai di Semarang kira kira jam 7 pagi lanjut istirahat ke rumah temen kita yang asli orang Salatiga cumin dia kerja di Bekasi.

Pagi Jumat 18 Oktober 2013 Sekalian nunggu yang sholat Jumat dan berberes barang yang kurang lengkap di rumahnya kita istirahat menunggu siang dan berangakat menuju Basecamp Cuntel Merbabu dengan mobil pick up, ga terlalu jauh emang dan jam sekitar jam 3 sore kita sampe di pos Cuntel. Disana langsung ambil posisi foto foto dan ngurus simaksi sebelum pendakian dimulai sekitar jam 04.30 dari Basecamp.
Sampe dengan pos pertama hari masih lumayan terang sampai menuju pos 2 akhirnya semua mulai mengeluarkan Headlamp dan senter untuk Penerangan masing masing , set set setttt keren bgt emang kalo jalan malem sambil pake headlamp cumin ga enaknya kalo foto gelap aja hehe.

Di pos 2 ada sumber air  terakhir dari Cuntel, akhirnya kita putuskan…. Makan besar. Nah pendakian ini adalah pendakian pertama gua makan nasi enak yang dimasak di gunung oleh pendaki bukan porter yg masak, seriusan itu nasinya bener bener bisa kaya yang di rumah, biasanya itu kalo di gunung sih gua nasinya ya aneh aneh rasa dan rupanya. Kata Bang Dwi yang masak pertama tama biasa aja rebus nasinya tapi pas udah mulai kering kecilkan apinya sekecil mungkin dan tutup nestingnya sampai mateng keseluruhan, akhirnya itu pelajaran banget buat gua dan bakal gua coba untuk kedepan.
Setelah makan pasti packing lagi dan Jerigen gua yang kosong akan di isi penuh untuk persedian di atas, karena ga semua bawa persediaan banyak, dan itu tas terberat gua yg pernah gua bawa haha tapi gua bangga kok, maksudnya gua disitu paham kosekuensi kalo mau aman ya musti siap bawa beban lebih, kalo mau beban ringan ya siap siap melawan alam didepan.

Kita melanjutkan perjalanan lalu terpisah di pos Helipad menjadi 2 team karena ada salah satu yang merasa kurang kuat untuk melanjutkan, oke keputusannya bertemu di pos Pemancar Pukul 3 Pagi. Gua sendiri ikut kelompok yang melanjutkan perjalanan tetapi kondisi disitu cuaca mulai ekstrim, dingin bangat dan angin badai yang sangat keras membuat gua semakin melemah apalagi posisi jalur sudah terbuka dari pepohonan.
Dari kelompok yang melanjutkan akhirnya gua memisahkan diri dari kelompok itu, gua ga bisa paksain lagi body udah ngantuk juga, sempet maksain tapi udah gay akin akhirnya gua berhenti pas ketemu batu cukup besar dan ada celah cukup satu orang. Gua jongkok di celah batu itu menghadap keluar lalu tas gua jadikan sebagai tutupnya sambil gua cemilin coki coki dan susu kotak lalu gua tertidur.

Kira kira satu jam gua disitu dan dengan semangat baru gua bangun untuk lanjutin ke Pos Pemancar tempat kita janjian. Setiba di pos Pemancar disitu ada tiang pemancar yang besar dan tinggi, gua cari temen temen kok ga ada yang istirahat. Cuman ada dua tenda yg sudah berdiri dengan goyangan frame yg sangat keras ditip badai sedangkan gua aja berdiri udah goyang goyang melawan anginnya. Gua coba samperinsatu satu tendanya sambil panggil nama salah satu temen tapi ternyata bukan tenda kelompok gua. Karena gua ga bawa tenda akhirnya gua pilih istirahat disitu pakai sleping bag aja, gua cari lahan yang tertutup dan dapet di selah selah kaki tiang pemancar yang ada posnya. Dan ga nyangka ternyata temen temen gua juga udah pada istirahat disitu pakai sleeping bag dan Flysheet. Cuaca tambah lama tambah kerasa dinginnya, gua bongkar isi tas karena sleeping bag ada di paling bawah gua bongkar secara liar dan gelar matras lalu tidur pakai sleeping bag, awalnya ga nyaman tapi lama kelamaan karena dibawa ngantuk akhirnya tidur juga.

Bangun pagi Sabtu 19 Oktober 2013 segera bikin makanan apa aja yang ada mulai roti dan energen, rencana sudah berantakan dan kita masih harus nunggu kelompok satu lagi yang janjian ketemu di pos Pemancar ini. Kita tungu sampai jam 8 tapi engga ada akhirnya kita sepakat ini yang sekarang ini di bagi dua lagi, jadi sebagian melanjutkan ke puncak dan sebagian termasuk saya menunggu kelompok yg tertinggal.

Sekitar satu jam menunggu akhirnya saya dan teman memutuskan melanjutkan ke puncak juga, karena pemikiran kami orang yg dibawah tidak melanjutkan pendakian, karena apabila mereka melanjutkan seharusnya sudah ada disini selambat lambatnya mereka jalan. Tapi kami terpaksa mengebut langkah kaki karena dapet kabar dari pendaki yg turun bahwa teman kami yang sudah menunggu dari pagi di puncak dan mereka berpesan agar kami lebih cepat kesana. Ternyata mereka subuh tadi sampai di pos Pemancar tapi tidak menemukan kita yg beristirahat di bawah tiang pemancar, lalu mereka mengira kami sudah menuju puncak meninggalkan mereka hahaha, bener bener salah pengertian semua haha.

Yaudah saya berempat adalah barisan terakhir menuju puncak, mengira kami sedang menunggu padahal sedang ditunggu haha itu membuat langkah kami lebih gesit, melewati jalan jalan yang melipir dan tanjakan yang cukup menguras tenaga, tapi semua kebayar sudah setelah tiba di Puncak dan bertemu semua rombongan 13 orang lengkap haha. Dari puncak kelihatan bukit Savana yang bagus bgt dan awan awannya, Gunung Sindoro dan Sumbing juga dan Gunung Merapi jelas sekali tepat didepan mata kegagahannya.